BERBAGI

Jakarta, matanggaran.com (16-01-2019) – Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menilai Indonesia sangat rentan karena memiliki cadangan pangan hingga pertahanan yang sangat terbatas.

Menurutnya, cadangan atau stok bahan bakar minyak (BBM) nasional hanya kuat bertahan untuk 20 hari, benarkah begitu?

External Communication Manager PT Pertamina (Persero) Arya Paramita tidak memungkiri, memang stok BBM yang disiapkan Pertamina untuk masyarakat bisa rata-rata sampai 20 hari. Namun, jumlah tersebut dipastikan merupakan besaran rata-rata stok aman.

“Dan itu terus diisi setiap hari, tidak menunggu stok habis. Kenapa 20 hari? Karena disesuaikan dengan perhitungan konsumsi masyarakat,” kata Arya saat dihubungi matanggaran.com, Selasa (15/1/2019).

Lebih lanjut, Arya mengatakan, stok itu pun masih mampu untuk mencukupi kebutuhan di kala kondisi tertentu. Arya mencontohkan, misalnya ketika periode Idul Fitri yang tren permintaannya meningkat, Pertamina menerapkan menjaga stok di level aman di kisaran 20 hari tersebut.

“Jadi memang stok aman ada di kisaran 20 hari,” jelas Arya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi. Ia menegaskan, memang rata-rata stok BBM Indonesia sedari dulu ada di 20 hari, namun selama ini hal tersebut tidak menjadi persoalan karena mampu mencukupi kebutuhan masyarakat, bahkan ketika ada kondisi-kondisi darurat, seperti bencana alam kemarin.

“Selama ini kan memang begitu, dan tidak ada persoalan,” ujar Agung kepada matanggaran.com saat dihubungi, Selasa (15/1/2019).

Memang, jika membandingkan data stok bbm dengan negara lain, stok Indonesia bisa dibilang sangat jauh besarannya.

Dibandingkan dengan negara tetangga, Singapura, berdasarkan data Badan Energi Internasional (IEA), memiliki stok BBM hingga 90 hari. Meskipun dari sisi penduduk dan luas wilayah Singapura dan Indonesia tidak bisa dibandingkan secara setara.

Namun, jika melihat ke Jepang, Korea, dan Amerika Serikat, masing-masing memiliki level 185,192, dan 336 hari stok BBM.

Stok jangka panjang ini berfungsi agar negara juga tidak terlalu terdampak fluktuasi harga minyak dunia yang bisa naik turun setiap hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here